Monday, October 27, 2014

Cara Memperbaiki Android Yang Tidak Bisa Nyala

Tips dan Triks Android - Pada dasarnya android memang butuh perhatian yang lebih, entah itu dari segi instalasi aplikasi maupun menjaga memory RAM agar tidak penuh. Hal inilah yang menjadikan android tidak bisa nyala atau lebih dikenal dengan nama bootloop. Jika sobat belum mengerti, Android Bootloop adalah ponsel atau hape android yang gagal nyala atau booting sehingga dalam kejadian ini sering kita mengamati lambang android tapi ponsel tidak kunjung nyala.
Cara Memperbaiki Android Yang Tidak Bisa Nyala
Cara Memperbaiki Android Yang Tidak Bisa Nyala
Jika sobat mengalami bootloop ini, maka sobat jangan merasa bingung dengan hal itu. Mungkin dengan tips Cara memperbaiki Android Bootloop ini sobat bisa terhindar dan bisa menyelesaikan masalah dengan cepat. Yang jadi pertanyaan adalah : Kenapa android saya tidak bisa nyala? Dan kenapa android saya cuma keluar logo? Bagaimana cara mengatasi Android yang tidak bisa nyala? Dll. Dari beberapa pertanyaan tersebut, pasti salah satunya ada dibenak sobat. Jadi jangan terburu-buru menaruh atau membuang Ponsel android sobat.

Cara Menangani Android Bootlop/gagal Booting ini banyak sekali jenisnya, jadi untuk mengetahui permasalahan, alangkah baiknya jika sobat mengamati terlebih dahulu dari jenis bootloop dibawah ini. Apakah sesuai dengan masalah yang sobat alami? Jadi sobat bisa mengetauhi permasalahan yang terjadi pada hape android sobat. Dari jenis dan macam bootloop, silahkan sobat lihat dibawah ini!

Macam dan jenis Bootloop pada Android:
  • Android Light Bootloop : Masalah yang dialami adalah Android tiba-tiba mati dan nyala kembali (restart). Kemudian nyala kembali dengan hanya keluar logo saja.
  • Android Medium Bootloop : Kesalahan karena sering di otak-atik dan menyebabkan Android menjadi Hang dan sering mati-mati sendiri (masalah ini masih bisa diselesaikan dengan cara system recovery yang sudah di backup)
  • Android Hard Bootloop : Hal ini sering terjadi bagi pengguna yang terlalu penasaran dengan fitur didalam system, sehingga mencoba untuk mengedit script atau hal lain yang masih berhubungan. Masalahnya adalah sering terjadi Restart dengan hanya muncul logo dan tidak bisa dioperasikan secara normal lagi.
Cara Mengatasi Masalah Bootloop/tidak Bisa Booting pada Android :
  • Android Light Bootloop : langkah yang harus diambil hanyalah melepas atau mengeluarkan baterai dilanjutkan dengan menyalakan kembali android sobat. Biasanya dengan tips ini, android sudah tidak eror lagi.
  • Android Medium Bootloop : Inilah fungsi dari fitur backup data, Dengan sedikit bantuan komputer atau PC, sobat bisa dengan cepat melakukan Backup dan mengembalikan semuanya seperti baru. Akan sangat beruntung jika ponsel sobat masih belum melakukan root. Jadi tinggal dikembalikan ke pengaturan pabrik saja.
  • Android hard Bootloop : Ini sudah masalah tidak bisa booting yang paling parah. Hal yang perlu sobat lakukan juga agak sedikit ribet dikarenakan harus menginstall ulang OS Androidnya. Hampir sama dengan melakukan update serta root. Sobat bisa menggunakan PC dan mencari Installernya pada Situs penyedia / Home dari Produk Android yang sobat punya.
Android sering bootloop ini sering terjadi pada android yang sudah di root, Jadi bagi punya sobat yang masih Original dan masih resmi keluaran pabrik. Maka tidak ada kekhawatiran sedikitpun untuk mengalami hal tersebut. Untuk Cara Pintas Melakukan Reset Data pabrik atau factory reset, sobat bisa membaca artikel kami sebelumnya yaitu : Cara Hard Reset Android China dan Samsung.

Sekian tentang Cara Memperbaiki Android Yang Tidak Bisa Nyala ini dan semoga bermanfaat serta bisa membantu menyelesaikan masalah yang sobat alami.